Selasa, 22 Agust 2017, 8:49:42
Main » 2013 » Februari » 26 » PALASIK | LEGENDA MISTIS MINANGKABAU
4:07:33
PALASIK | LEGENDA MISTIS MINANGKABAU
Palasik menurut cerita, legenda  atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan  Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat  tinggi. Palasik sangat ditakuti oleh ibu-ibu di di Minangkabau yang memiliki balita  karena makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan  ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis palasik tersebut.

PalasikIlmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang    tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik.Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada    yang badan nya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepala.
 
Jenis palasik ada bermacam-macam. Menurut jenis makanannya palasik    dapat dibagi sebagai berikut:
  • Yang memakan bayi dalam kandungan sehingga bayi tersebut    lahir tanpa ubun-ubun / mati dalam kandungan
  • Yang memakan bayi yang masih rapuh sehingga bayi tersebut sering sakit-sakitan    / meninggal
  • Yang memakan mayat bayi yang sudah dikubur

Palasik yang lepas kepalanya disebut Palasik Kuduang. Kuduang    artinya terpotong atau buntung. Buntung dalam bahas Minang adalah "kuduang”.

Palasik sangat tenar di masyarakat Minang Kabau, Sumatera Barat.   Masyarakatnya meyakini, bayi yang terkena palasik sangat sulit diobati, namun    bukan tak ada penangkalnya.Palasik merupakan sebutan seorang kanibal, yang memiliki kegemaran    memakan daging dan tulang orang mati. Wujudnya seperti manusia biasa, hanya    saja memiliki perangai yang aneh.Menurut kepercayaan masyarakat, jika seorang wanita yang sedang    menggendong bayi bertemu dengan palasik, sebaiknya jangan dijauhi, malah sebaliknya,    ambil tangan palasik dan katakan "Ini cucumu atau Ini anakmu”.    Dan ciri umum palasik, tak memiliki parit di atas bibirnya.

Seorang bayi bisa jatuh sakit, hanya dengan tatapan palasik    saja. Dan kalau tidak segera diobati orang pintar, tak tertutup kemungkinan    anak tersebut meninggal dunia. Diyakini juga, ketika anak tersebut meninggal    dunia, dan kemudian dikubur, palasik akan mencuri anak tersebut untuk disantap.

Dizaman modern seperti sekarang ini ,masih patutkah ilmu palasik dipercayai keberadaannya ?

Category: Tradisional dan Budaya | Views: 1053 | Added by: dash | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Nama *:
Email:
Code *: