Selasa, 22 Agust 2017, 8:46:44
Main » 2013 » Februari » 18 » TUTORIAL PRAKTIS REPARASI TELEVISI BERWARNA CRT
0:56:49
TUTORIAL PRAKTIS REPARASI TELEVISI BERWARNA CRT

Service TV untuk pemulaDitujukan kepada orang-orang yang baru belajar elektronik khususnya reparasi TV dan merakit komputer.Untuk pembahasanya di jelaskan secara terperinci sehingga mudah dipahami. Bagi anda yang suka otak atik elektronika dan ingin belajar reparasi televisi dan merakit komputer sendiri,anda tak perlu kursus dengan biaya yang sangat mahal.Anda hanya harus  memiliki semangat dan kemauan untuk belajar.

Diagram Blok TV dan Fungsi masing-masing bagian Untuk dasarnya dan yang umum dan masih terpakai hingga saat ini adalah pesawat TV Berwarna..sedang hitam putih saat ini sudah jarang dipakai.OK/


Pada dasarnya prinsip kerja keduanya hampir sama,yang membedakan adalah pada TV berwarna di lengkapi dengan rangkaian warna.

Berikut ini penjelasan mengenai fungsi dari masing-masing bagian :

Antena : berfungsi untuk menangkap sinyal RF dari pemancar televisi.

Tuner : Berfungsi untuk memilih gelombang pemancar yang akan diterima.

Didalam tuner terdapat rangkaian penguat RF,mixer dan osilator.Penguat RF bertugas memilih pemancar yang akan diterima kemudian diberikan ke mixer.Mixer akhirnya menghasilkan frekuensi baru,kemudian difilter menjadi 2 frekuensi saja yang keluar yaitu 38,9 MHZ dan 33,4 MHZ.

Frekuensi 38,9 MHZ adalh frekuensi pembawa gambarFrekuensi 33,4 MHZ adalah frekuensi pembawa suara.
Kedua frekuensi tersebut kemudian diteruskan ke penguat video IF.

 

Video IF : berfungsi menguatkan sinyal-sinyal yang diterima dari mixer,kemudin diteruskan ke video detektor.

Video detektor :berfungsi mendeteksi sinyal gambar dan suara kemudian diteruskan ke video driver.Sinyal pembawa gambar dideteksi hingga keluar sinyal gambar yang frekuensinya 15 KHZ-5 MHZ,sinyal pembawa suara dideteksi hingga keluar sinyal pembawa suara baru 5,5 MHZ (FM).

Video driver berfungsi memisahkan sinyal pembawa suara,sinyal gambar dan sinyal sincronisasi.Sinyal gambar diteruskan ke video output.Sinyal suara diteruskan ke sound IF amplifier.
Sinyal sinkronisasi diteruskan ke sinkronisasi separator.

 Video output Berungsi menguatkan sinyal gambar lalu diteruskan ke katoda tabung.

 Sound IF amplifier Berfungsi menguatkan sinyal suara kemudian diteruskan ke detektor FM,detektor FM mendeteksi sinyal 5,5 MHZ hingga tinggal frekuensi audio,kemudian ke penguat audio terus ke loudspeaker.Untuk bagian sound IF sampai penguat audio ini seperti penguat amplifier biasa.

Syncronisasi separator Berfungsi untuk menyesuaikan gambar yang dipancarkan dari pemancar.

Osilator vertikal :Berfungsi membangkitkan frekuensi 50 Hz kemudian diteruskan driver vertikal lalu ke output vertikal,selanjutnya ke defleksi vertikal dan defleksi vertikal ini membuka gambar secara vertikal (atas bawah).

 AFC : berfungsi mengoreksi frekuensi horizontal 15,625 Khz dan diteruskan ke osilator horizontal

Osilator horizontal: berfungsi untuk membangkitkan frekuensi 15,625 Khz kemudian diteruskan ke driver horizontal lalu ke output horizontal selanjutnya ke defleksi horizontal dan defleksi horizontal ini membuka gambar secara horizontal (kanan kiri).

Horizontal output: Juga membangkitkan tegangan tinggi sekitar 10-20 kv untuk anoda tabungnya.


LANGKAH-LANGKAH REPARASI TELEVISI

Prinsip dasar reparasi TV Berwarna adalah yang utama keselamatan kerja harus diatas segalanya,baik itu keselamatan orang yang memperbaiki atau keselamatan unit TV yang akan diperbaiki.Paham,,??? Pasti ….!!

Lanjut….Dalam reparasi TV,apabila mesin TV perlu dilepas maka buanglah dahulu tegangan yang masih tersisa pada kop flyback dan tabung ( seperti contoh dibawah).Walaupun TV sudah mati total tetapi kop flyback dan tabung masih menyimpan tegangan yang cukup besar

Caranya : .Yakinkan bahwa TV sudah tidak terhubung ke listrik PLN.Ambil salah satu probe AVO Meter atau Multimeter.Hubungkan terlebih dahulu salah satu ujungnya dengan Ground unit TV Berwarna,atau pada tabung ada pengikat tabung yang biasanya dihubungkan ke ground,anda bisa cantelkan di situ,jangan sampai lepas.Selanjutnya selipkan ujung satunya lagi ke dalam karet katoda tabung,hingga menyentuh kawat katoda yang biasanya ditandai dengan bunyi seperti listrik terhubung singkat.

Ingat !!Sekali kali jangan sampai terjadi kontak langsung dengan tembaga kopm flyback sebelum yakin tegangan pada kop tersebut sudah terbuang melalui ground.Anda harus yakin kan bahwa kawat katoda yang ada dalam karet pada tabung katoda tersebut sudah benar terhubung singkat ke ground unit TV Berwarna..Asal anda tahu saja,tegangan pada katoda tersebut walau sudah mati berkiTapi jangan takut…Yakinkan bahwa udah terhubung ke ground,tujuannya adalah untuk membuang tegangan pada katoda tersebut.OK… Lepas bagian RGB dari katoda tabungnya.Yang warna putih tsb adalah soket katoda.Anda harus hati-hati sekali bila melepas soketnya,karena apabila tidak benar cara melepasnya bisa menyebabkan patahnya katoda tabung atau pecah leher tabung.

Contoh mesin Unit TV yang sudah dilepas dari tabung warna.


Anda harus paham nama-nama komponen dan fungsinya serta cara kerja regulator tsb.Dengan demikian anda akan lebih mudah dalam reparasi mesin TV.Jadi tidak asal bisa mengukur komponen mati atau hidup saja.Tetapi harus bisa sedikit menganalisa urutan kerja dari regulator tsb.

Untuk anda ketahui perhitungan tegangan yang ada pada unit TV Berwarna adalah sbb:

Power supply                :  110V-115 Vdc

B+ IC program             : 5V DC

B+ IC osc                      :   12 Vdc {Teg untuk IC tsb}

Col driver horizontal    :  50 Vdc {colector Tr driver horz}

H-Out                            :   0,2 Vdc {dari  IC osc ke Basis Tr driver Ho}

V-Out                            : 0,2 VDC

Out Trafo IT                  :  0,5 – 2 VAC

B+ IC vertikal               :  24 Vdc {teg utk  IC vertikal tsb)

Output vertikal             :  12 V-16 Vdc {dari IC vert menuju defleksi vert}

B+ Audio                       : 16 VDC

B+ Tuner                       : 12 VDC  ada juga yg  5 VDC

Heater (Filament)         :  6 VAC

Screen (G2)                   :  250 Vdc -500 Vdc

RGB {katoda}               :  90 Vdc - 125Vdc

Video output                 :  180Vdc {dari flyback}

Program                        :  5 Vdc {teg B+ untuk IC program}

Secara umum blok rangkaian TV Berwarna pada sebuah mainboard yang sering mengalami kerusakan sesuai yang sering penulis temui selama memperbaiki TV Berwarna adalah sbb:

1.      Power Suplay

Sebagai sumber tenaga bagi semua rangkaian lainnya,ciri-ciri kerusakan  pada rangkaian power suply ini pada bagian primer diantaranya adalah mati total,korslet pada aliran PLN,gambar bergelombang dan suara berdengung.Sedang pada bagian sekundernya kerusakan bisa beragam karena semua sumber tegangan untuk rangkaian lainnya berasal dari power suply sekunder ini seperti pembagian tegangan yang telah disebutkan diatas.

 2.      Horisontal Output

Ciri-ciri rangkaian ini adalah FlyBack Trafo/FBT untuk  penaik tegangan untuk katoda sekitar 20000 Vdc.Cara kerja rangkaian ini adalah tegangan untuk Transistor output horisontal ini mendapat tegangan sekitar 115 Vdc melalui FBT pada Kolektor,basis mendapat tegangan dari transistor driver horisontal sekitar 0,2 Vdc,sedsang emitor terhubung ke ground.

 3.      Rangkaian Vertikal

Kerusakan umum rangkaian ini pada layar hanya satu garis lurus horisontal,Komponen aktif utama rangkaian vertikal adalh IC vertikal yang mendapat suply tegangan 12Vdc sebagai power untuk IC vertikal,sedang driver atau penggerak IC ini mendapat input dari IC Chroma sekitar 0,2 Vdc.

 4.      Rangkaian Chroma

Walau namanya rangkaian chroma atau rangkaian warna,IC Chroma ini berfungsi juga sebagai input untuk horisontal dan vertikal,juga audio dan ada pula berfungsi untuk input rangkaian lainnya tergantung jenis IC Chroma yang digunakan.Secara khusus IC ini adalah pengkonversi sinyal warna sehingga didapati warna yang sesuai.

 5.      Rangkaian Suara atau Audio

Berfungsi untuk mengubah sinyal digital audio menjadi sinyal analog sehingga suara bisa didengar melalui speaker pada pesawat TV.

 6.      Rangkaian RGB

Sesuai dengan namanya RGB/Red Green Blue,adalah rangkaian warna .Pada rangkaian ini sinyal warna diolah sehingga dihasilkan warna yang sesuai.

 7.      Rangkaian IF /Modulator

Sebagai konverter sinyal IF yang berasal dari Pemancar menjadi sinyl digital dan pemisah antara sinyal gambar dan sinyal suara.

 8.      Rangkaian Program

Rangkaian ini adalah rangkaian program seperti untuk pengatur gambar,suara ,kecerahan,serta laiannya.

Selain hal umum diatas kerusakan pada TV Berwrna juga bersifat relatif,artinya pada saat memperbaiki TV Berwarna nantinya pasti akan ditemui kerusakan-kerusakan yang lainnya,yang pasti asal anda rajin bertanya dan membaca pasti semua solusi akan ditemui,…

Untuk sementara penulis cukupkan sampai disini dan akan penulis update pada postingan berikutnya,..Akan dibahas teknik perbaikan setiap blok rangkaian lengkap dengan komponen yang sering rusak dan cara perbaikannya.

Bagi pembaca yang ingin konsultasi langsung tentang cara reparasi bisa langsung menghubungi kontak kami atau kotak komentar,secepatnya kami akan membalas email anda dan memberikan solusinya.serta mengirimkan Merek dan Type TV serta kerusakan yang ada..semua cuma-cuma  demi kemajuan bersama.

Tetap semangat jangan putus asa.




Category: Elektronika | Views: 11712 | Added by: dash | Rating: 2.0/1
Total comments: 1
0   Spam
1 tono   (15 Okt 2015 10:59:33)
Tidak ada vidio dan audio hanya raster putih saja..
Solusi nya bagaimana?

Nama *:
Email:
Code *: